Pantai Goa Cemara Terpesona Aku

Pantai Goa Cemara Terpesona Aku

hobitrip.com – Pantai Goa Cemara merupakan salah satu destinasi unik kala berkunjung ke Yogyakarta. Sebagai kota budaya dengan beragam potensi wisata, Yogyakarta kerap menjadi tujuan utama wisatawan untuk berlibur. Selain dikenal dengan gudeg sebagai makanan khasnya, pantai yang termasuk dalam gugusan pantai selatan ini dikelilingi pohon cemara sehingga membuat pemandangannya tampak eksotis. Kawasan sekitar pantai yang asri memberikan daya tarik serta keindahan tersendiri.

Banyak pohon cemara di pinggiran pantai menjadikan suasana terasa teduh. Deretan pohon-pohon ini sering menjadi titik foto incaran para wisatawan yang berkunjung.

Ada banyak aktivitas dapat dikerjakan ketika berlibur di pantai Goa Cemara selain berjalan-jalan di sekitar area atau sekadar menikmati jajanan yang dijual. Keberadaan pantai terbilang luas ini sering digunakan sebagai area berkemah. Tentunya berkemah di antara rindangnya pohon cemara dengan pemandangan lautan merupakan sensasi pengalaman yang langka. Debur ombak sebagai suara natural alam membuat suasana syahdu dan menyenangkan.

Tidak hanya berkemah, pengunjung juga bisa mencoba wahana naik ATV untuk pengalaman penjelajahan pantai lebih asyik. Bahkan hingga menjelajahi sudut dalam pohon-pohon cemara.
Menggelar tikar bersama keluarga atau teman-teman juga terlihat menyenangkan. Kebersamaan yang terbentuk dengan panorama lautan lepas tentu menjadi kenangan yang tidak dapat dilupakan. Ditemani angin sepoi sambil menyantap hidangan yang dibawa dari rumah ataupun membeli makanan yang dijajakan penjual pasti sangat menggembirakan. Tetapi perlu diwaspadai supaya tidak terlalu dekat dengan bibir pantai karena arus air di sini begitu kuat.

Tekanan air di sana sangat ekstrim sehingga tidak jarang terdengar berita wisatawan yang terseret ombak akibat bermain di sekitar bibir pantai Goa Cemara. Lebih baik mengambil gambar swafoto di antara pohon cemara saja.

Untuk menuju pantai Goa Cemara tidak terlalu sulit karena akses ke sana sudah diberikan banyak petunjuk. Berangkat dari kota Yogyakarta tinggal mengarahkan kendaraan ke Pojok Benteng Kulon kemudian lurus mengikuti arah sepanjang Jalan Bantul hingga sampai di Jalan Samas. Dikenakan tiket masuk sebagai retribusi sebesar Rp 5000,00 per orang sebelum menjelajahi pantai ini. Nanti ada petunjuk arah yang memandu perjalanan menuju pantai ini. Jarak tempuh dari kota pun sekitar 1,5 jam. Tidak cukup jauh berkendara, kan?

Layaknya pantai selatan di Yogyakarta, pantai ini tidak lepas dari mitos yang menyertainya. Rata-rata pantai yang berderet di sisi selatan pulau Jawa terutama di Yogyakarta pasti selalu dikaitkan dengan mitos Ratu Pantai Selatan. Upacara untuk menghormati Sang Ratu masih dijunjung masyarakat setempat hingga kini. Biasanya ritual dilakukan pada 1 Muharram atau malam 1 Suro. Bagi kepercayaan masyarakat Jawa, tanggal tersebut sangat sakral dan keramat. Upacara dilakukan dengan mengarak boneka berbentuk kambing serta persembahan hasil bumi yang bertujuan untuk kesuburan lingkungan alam sekitarnya. Tradisi ini sudah dilaksanakan secara turun temurun serta berada dalam lingkup khasanah ragam kebudayaan Indonesia.

Pantai Goa Cemara dibuka sehari penuh 24 jam, maka dari itu pihak pengelola menyediakan fasilitas camping ground. Layaknya pantai serta tempat wisata lainnya, pantai sangat ramai pada masa akhir pekan atau liburan. Mengunjungi pantai ketika hari kerja bisa dilakukan jika ingin menikmati suasana yang lebih privasi dan tenang. Lupakan sejenak rutinitas sehari-hari yang mengganggu pikiran dengan berwisata ke pantai. Tidak ada salahnya melepas penat untuk mengembalikan kesegaran pikiran supaya lebih enerjik menjalani aktivitas. Jadi, kapan mau berkunjung ke sini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *