Air Terjun Bidadari, Wisata Alam Bernuansa Modern

Air Terjun Bidadari, Wisata Alam Bernuansa Modern

hobitrip.com – Air Terjun Bidadari memang salah satu destinasi wisata cocok untuk menjadi alternatif pilihan bagi Anda sekeluarga yang mendambakan suasana alam yang segar. Air terjun bernuansa alami bergaya modern ini terletak di daerah elit Sentul Paradise Park, yang termasuk dalam wilayah Bogor, Jawa Barat. Dengan lokasi yang tak begitu jauh dari ibukota negara, tak heran kawasan ini menjadi tempat piknik favorit bagi masyarakat Jakarta, Bogor dan sekitarnya.

Kisah di balik namanya yang cukup unik, konon karena masyarakat percaya bahwa air terjun tersebut menjadi tempat mandinya tujuh bidadari dari kayangan. Jadi, bila Anda yang mungkin ingin bertemu dengan salah satunya, bisa mencoba untuk datang berwisata ke tempat ini.

Air Terjun Bidadari dari Sumber Alami

Air Terjun Bidadari yang memiliki ketinggian 40 meter dan lebar 10 meter ini rupanya telah mengalami proses renovasi. Sebelumnya, masyarakat setempat lebih banyak menyebutnya sebagai air terjun Bojong Koneng, karena lokasinya terletak di Desa Bojong Koneng. Meskipun tempat wisata alam ini sudah dirombak dalam desain yang lebih modern, tak mengurangi daya tarik keindahan alam yang dimilikinya untuk dinikmati oleh setiap pengunjungnya.

Jernih dan segarnya air yang mengalir rupanya dikarenakan air terjun bersumber dari kawasan hutan lindung di sekitarnya. Di bagian bawah air terjun, terdapat sebuah kolam tampung air yang berbentuk menyerupai kolam renang. Salah satu hal unik yang cukup menarik perhatian wisatawan adalah dua batu raksasa yang terbelah, mampu memberikan kesan mistis yang cukup kuat. Dan untuk menikmatinya, wisatawan juga bisa bermain air seperti berenang ataupun naik perahu yang disediakan oleh pengelola untuk disewakan.

Bandrol Tiket dan Cara Menuju Lokasi

Untuk dapat menikmati suasana di Air Terjun Bidadari, pengunjung wajib membeli tiket bagi yang sudah berusia di atas dua tahun. Harga tiket cukup terjangkau, mulai dari Rp25 ribu di hari biasa serta Rp30 ribu saat weekend. Sedangkan di hari libur nasional atau liburan sekolah tiket dibandrol pada harga Rp40 ribu. Puncak harga tertinggi adalah saat libur Lebaran, yaitu Rp50 ribu per orang.

Dengan menebus tiket masuk, Anda pun sudah dapat menikmati keindahan Air Terjun ini sambil berenang di kolam yang dilengkapi dengan spiral slide. Bila Anda ingin menikmati wahana lain maka anda harus mengeluarkan biaya tambahan.

Untuk datang ke Air Terjun Bidadari, cara paling praktis adalah dengan menggunakan mobil pribadi. Bila Anda berdomisili di wilayah Jakarta dan sekitarnya, rute paling mudah adalah via jalur Tol Jagorawi dan keluar di gerbang tol Sentul Selatan. Setelah keluar, Anda akan menemui belokan ke arah kiri. Selanjutnya, terus mengikuti jalan hingga Anda pun akan menjumpai papan petunjuk yang memandu Anda hingga sampai ke lokasi wisata Air Terjun Bidadari.

Mengunjungi Air Terjun Bidadari di Masa Pandemi

Pada masa pandemi, pihak pengelola tetap membuka tempat wisata ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti cek suhu badan, mewajibkan pengunjung memakai masker, menyediakan tempat cuci tangan dan himbauan untuk menjaga jarak. Jumlah pengunjung juga dibatasi agar terhindar dari terjadinya kerumunan.

Setidaknya, wisata di alam terbuka tergolong lebih aman dibanding destinasi wisata di tempat tertutup. Jadi, cukup aman bukan? Ayo, sempatkan untuk wisata ke Air Terjun Bidadari. Setidaknya sekali dalam seumur hidup, agar merasakan kesempurnaan dalam menikmati alam Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *