Pulau Terbesar di Indonesia, Pulau Kalimantan

Pulau Terbesar di Indonesia, Pulau Kalimantan

hobitrip.com – Indonesia adalah negara yang memiliki banyak pulau dari kecil hingga besar yang tersebar di seluruh wilayah NKRI. Dari banyak pulau yang dimiliki Negara Kesatuan Republik  Indonesia, ada 5 pulau besar yang dimiliki Indonesia. 5 pulau utama ini adalah sumatera, jawa, papua, sulawesi dan Kalimantan sebagai pulau terbesar di Indonesia.

Pulau kalimantan adalah salah satu dari 5 pulau besar di Indonesia yang menduduki posisi kedua pulau terbesar di Indonesia setelah pulau papua serta menduduki posisi ketiga pulau terbesar di dunia setelah green land dan papua. Pulau kalimantan memiliki luas sekitar kurang lebih 743 ribu km2. yang terbagi atas 5 provinsi.

Berikut fakta unik tentang pulau Kalimantan

Perbedaan Borneo dan Kalimantan Sebagai Pulau Terbesar di Indonesia

Dahulunya pulau ini bernama borneo, bahkan dunia internasional lebih mengenal nama borneo daripada kalimantan. Banyak orang yang menyamakan pulau borneo dengan pulau kalimantan. Namun sebenarnya pulau borneo berbeda dengan kalimantan.

Pulau borneo adalah keseluruhan wilayah pulau kalimantan termasuk dengan wilayah sabah serawak milik negeri Jiran, malaysia. Awalnya seluruh pulau borneo adalah miliki Indonesia, namun di tahun 1963 sabah serawak melepaskan diri dan bergabung dengan Malaysia. Untuk itulah nama borneo diganti dengan nama pulau Kalimantan
Pulau borneo yang dulu memiliki luas wilayah sebesar + 940 ribu km2. namun sekarang pulau itu telah terbagi menjadi wilayah yang berbeda beda negara dan berganti nama menjadi pulau kalimantan.

Memiliki Provinsi Termuda Di Indonesia

Secara keseluruhan Indonesia memiliki 34 provinsi dan 5 provinsi yang ada di pulau kalimantan. Salah satu provinsi di Kalimantan adalah Kalimantan Utara. Provinsi ini baru diresmikan di tahun 2012 sebagai provinsi ke 34 negara Republik Indonesia. Provinsi ini adalah provonsi yang berbatasan langsung dengan wilayah Sabah dan Serawak. Kalimantan Utara adalah provinsi dengan penduduk paling sedikit di Indonesia dengan ibu kota yang bertempat di Tanjung Selor.

Dilewati Oleh Garis Khatulistiwa

Indonesia adalah negara yang beriklim tropis dan memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena Indonesia dilewati garis khatuliswa. Garis khatulistiwa atau yang sering disebut garis lintang 00 melewati kota pontianak, Kalimantan Barat. Karena hal inilah, udara di Kalimantan Barat terbilang cukup panas. Pada bulan tertentu, para wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan Barat dapat melihat Fenomena alam hari tanpa bayangan. Hal ini terjadi karena matahari sebagai pusat tata surya berada tepat di atas garis lintang 00.

Sebagai Paru Paru Dunia

Sebagian besar wilayah Pulau kalimantan berupa hutan yang sangat lebat. Tidak heran jika julukan paru paru dunia pantas untuk disematkan pada hutan di Pulau Kalimantan. Pada tahun 2021, luas keseluruhan hutan kalimantan mencapai 40,8 juta hektar. Angka ini menurun drastis karena banyak sekali penebangan liar yang dilakukan oleh oknum oknum tidak bertanggung jawab. Tidak hanya itu pembakaran hutan untuk pembukaan lahan juga mempersempit wilayah paru paru dunia ini.

Tidak Memiliki Gunung Berapi Aktif

Pulau kalimantan adalah pulau paling tenang di Indonesia. Tidak adanya gunung berapi yang aktif menyebabkan gempa jarang terjadi di wilayah kalimantan. Penyebab lainnya adalah pulau kalimantan merupakan pulau yang terletak jauh dari batasan lempeng bumi, karena hal inilah pulau kalimantan jarang dilanda gempa bumi.

Namun bukan berarti gempa bumi tidak pernah terjadi di pulau kalimantan. Gempa beberapa kali terjadi di pulau ini namun dengan frekuensi yang kecil dan tidak membahayakan ,Itulah beberapa keunikan pulau kalimantan sebagai pulau terbesar di Indonesia yang kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *