SUNGAI TERPANJANG DI DUNIA, Inilah Daftarnya

SUNGAI TERPANJANG DI DUNIA, Inilah Daftarnya

hobitrip.com – Keberagaman kenampakan alam di seluruh dunia disebabkan oleh aktivitas alam yang berbeda beda. Salah satu kenampakan alam yang ada di dunia adalah sungai. Sungai terpanjang di dunia sendiri terbentuk karena air hujan yang turun ke bawah, lalu meresap ke tanah. Tahun demi tahun, air yang meresap di permukaan tanah yang meemiliki ketinggian rendah akan menggenap seiring dengan kapasitas tanah yang tidak dapat menyerap kembali air. Air ini kemudian menjadi jalur yang panjang hingga kembali ke laut.

Dunia tercipta dengan keberagaman bentuk kenampakan alam yang indah. Keberagaman alam inilah yang kemudian mempengaruhi aktivitas dan kehidupan manusia yang tinggal di sekitar daerah tersebut. Masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan misalnya. Mereka cenderung bermata pencaharian sebagai petani, peternak dan berkebun. Jauh berbeda dengan masyarakat yang tinggal di daerah pantai, mereka cenderung bermata pencaharian sebagai nelayan, petani garam, dan penjual.

3 Sungai Terpanjang Di Dunia

Di beberapa wilayah di belahan dunia, ada beberapa sungai yang memiliki ukuran sangat panjang. Ukuran panjang ini bahkan hingga melintasi beberapa negara di dunia.
Berikut kami ringkat 3 sungai terpanjang di dunia beserta hal menarik di dalamnya

⦁ Sungai Nil

Hal yang menarik dari sungai ini adalah, beberapa hewan yang hidup di dalam maupun sekitar sungai nil. Di dalam sungai terpanjang di dunia ini hidup berbagai ikan yang memiliki taring yang tajam. Jika amazon terkenal dengan piranhanya, maka di dalam sungai nil terdapat ikan yang memiliki gigi yang tak kalah runcing dengan warna sirip menyerupai perak. Ikan ini dinamai ikan harimau, giginya yang menyerupai harimau sangat cocok untuk bertahan hidup di dalam sungai yang besar ini.

Tidak hanya itu keunikan lain yang dapat ditemukan adalah tentang sejarah panjang sungai nil, sungai ini melintasi 9 negara di afrika tak terkecuali mesir.

⦁ Sungai Amazon

Di posisi kedua adalah sungai amazon yang terletak di amerika selatan. Walaupun menempati posisi kedua sebagai sungai terpanjang, namun sungai Amazon adalah sungai yang mempunyai total aliran terbesar di dunia. Sungai ini begitu terkenal karena banyak media yang mulai membuka apa yang ada di balik sungai miterius ini.

alaupun banyak hewan mematikan yang hidup di sekitar sungai Amazon, namun ada beberapa suku asli yang tinggal dan menetap disana. Mereka sudah tinggal di sekitar daerah sungai sejak bertahun tahun lalu. Begitu melimpahnya kekayaan alam di daerah sekitar sungai membuat penebangan liar kerap terjadi di daerah tersebut.

⦁ Sungai Yangtze

Hal menarik dari sungai yangtze adalah hewan mamalia yang tinggal di dalam sungiai yangtse. Hewan ini adalah lipotes vexilifer. Lipotes vexiliferi adalah jenis hewan lumba lumba. Namun sayangnya hewan ini sudah dianggap punah karena populasinya yang semakin berkurang setiap tahunnya.

Tidak hanya lumba lumba, ikan sturgeon juga hidup di dalam sungai yangtze, sayangnya keberadaannya pun juga terncam punah karena polusi air yang terjadi di daerah tiongkok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *