Sungai Terpanjang di Benua Amerika Kepoin Yuk!

Sungai Terpanjang di Benua Amerika Kepoin Yuk!

hobitrip.com – Tahukah kamu bahwa kurang dari tiga persen air di dunia adalah air tawar? Dari jumlah tersebut, hampir 99% berada di gletser, lapisan es, dan bawah tanah. Dengan kata lain, air tawar di permukaan bumi hanya membentuk sebagian kecil dari satu persen air di planet ini.

Oleh sebab itu tidak heran jika para turis terpikat oleh saluran air kontinental di seluruh dunia, seperti sungai terpanjang di benua Amerika. Sungai-sungai terpanjang disana menuruni lereng gunung dan menciptakan air terjun yang indah. Apa saja deretan daftar sungai tersebut? Berikut informasi menarik yang wajib kamu ketahui.

1. Amazon Sungai terpanjang di Benua Amerika

Sungai Amazon adalah sungai terbesar di dunia berdasarkan volume debit air.  Selama musim hujan, Amazon dapat membengkak hingga hampir 25 mil di beberapa daerah dan menjadikannya sungai terluas di dunia. Sungai ini mengalir sekitar dua perlima dari seluruh benua Amerika Selatan.

Karena terletak di daerah tropis khatulistiwa, lembah Sungai Amazon mendapat curah hujan lebih dari 400 inci per tahun lho! Sangat menakjubkan bukan? Satwa liar di Amazon sangat beragam dengan ratusan spesies baru ditemukan setiap tahun. Salah satunya yakni hiu banteng yang telah terlihat di sungai lebih dari 2.000 mil ke daratan.

2. Parana

Tidak banyak orang di luar Amerika Selatan mengetahui sungai menakjubkan di benua itu, yakni Paraná.  Sungai Parana mengalir sejauh 3000 mil dengan muara di sungai tetangga. Bersama dengan Paranaíba, Paraná membantu menciptakan bagian terbesar hutan semi-gugur di ekoregion Atlantik Brasil.

Hutan pedalaman disana adalah habitat bagi beberapa hewan paling langka di Amerika Selatan, termasuk hewan dengan nama lucu seperti singa tamarin.

3. Missouri

Meskipun menerima tekanan jauh lebih sedikit daripada sungai terpanjang kedua di Amerika, Sungai Missouri dilaporkan lebih dari 2.350 mil, dan termasuk sungai terpanjang di benua Amedika. Karena lebih dari 2000 mil, ia menjadi sungai terpanjang di Amerika Utara.  Sekitar setengah juta mil persegi air mengalir ke dalamnya.

Namun sungai ini dianggap sebagai anak sungai Mississippi. Sama seperti sungai yang lain, fungsi kompleks pun dimiliki oleh sungai ini. Maka tak heran suasana di sekitarnya selalu ramai oleh aktivitas harian.

4. Mississippi

Hanya sekitar 100 mil lebih pendek dari anak sungainya, sungai Mississippi mencapai lebih dari 2000 mil. Menjadi salah satu sungai terpanjang di benua Amerika tentu merupakan hal yang menakjubkan karena sejak dulu sungai ini telah digunakan sebagai salah satu media jalan transaksional antar wilayah.

Dengan fungsi komersil yang populer, sungai ini juga dijadikan sebagai salah satu destinasi yang sering dikunjungi oleh pelancong dari berbagai negara. Tak hanya itu saja, bahkan di dalamnya juga tersimpan berbagai spesies ikan. Sangat menarik bukan?

5. Yukon Terpanjang di Benua Amerika

Sungai Yukon termasuk aliran sungai yang terkenal di Amerika karena mengalir ke barat dari British Columbia melalui Alaska dan ke Laut Bering.  Ia membentang hampir 2000 mil panjangnya dengan daerah aliran sungainya mencakup hampir 300.000 mil persegi.

Sungai ini berfungsi sebagai tempat tinggal berbagai satwa, tempat rekreasi, dan digunakan sebagai jalur komersial di benua Amerika. Wah, fungsi yang sangat kompleks.
Itulah beberapa sungai terpanjang di benua Amerika. Sungai-sungai tersebut membentang dengan debit volume sungai yang berbeda. Masing-masing dari sungai tersebut juga memiliki fungsi yang berbeda pula dengan keanekaragaman satwanya. Mana sungai yang menjadi favoritmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *