Raja Ampat Dan Telur Naga, Rasakan Keindahannya

Raja Ampat Dan Telur Naga, Rasakan Keindahannya

hobitrip.com – Indonesia memiliki sejuta keindahan, keindahan pada Indonesia tersebar dari banyaknya pulau-pulau yang ada di dalamnya. Keindahan itu bisa saja berasal dari pegunungan, air terjun, pantai dan air laut, padang rumput, sungai, danau dan masih banyak lagi. Keindahan yang dimiliki tidak dapat terhitung banyaknya. Begitu juga dengan panorama keindahan Raja Ampat dan Telur Naga.

Di Indonesia ada salah satu keindahan alam yang sangat di puja dan dikagumi banyak orang, baik dalam negeri maupun luar negeri. Keindahan alam ini bagaikan surga dunia, memanjakan mata dan mampu membuat orang tersihir akan kecantikan. Laut biru, pulau kecil di tengahnya, pantai pasir yang lembut, air bak kaca menampilkan ikan-ikan hias dan terumbu karang yang ada di bawahnya. Keindahan alam yang dimaksud ini yaitu Raja Ampat.

Raja Ampat terletak di Papua Barat. Memiliki sebutan surga dunia. Banyak orang yang menyebut bahwa Raja Ampat ini ada kaitannya dengan telur Naga. Setiap keindahan alam di Indonesia memiliki keunikan nama dari ceritannya, sama halnya buat Raja Ampat yang juga mempunyai story tersendiri. Kisah ini adalah penunjang nama keindahan alam yang dikasih sebutan dengan Raja Ampat. Bagaimana kisah di balik kecantikan alam Raja Ampat ? apa hubungan Raja Ampat dan Telur Naga?

Raja Ampat dan Telur Naga

Story Raja Ampat dan Telur Naga ini sangat terkenal sekali. Dulu sekali ada pasangan laki-laki prempuan yang tinggal di kampung wowui Raja Ampat letaknya di Papua Barat. Pasangan tersebut setiap paginnya selalu mencari makanan. Pada suatu hari ketika berburu makan, pasangan laki-laki perempuan tersebut menjumpai enam butir telur yang senjang dari pada biasanya.

Mereka mengetahui bahwa telur ini merupakan telur naga, setelah berunding pasangan laki-laki perempuan tersebut menyimpan telur-telur ke dalam kantung dan membawannya pulang untuk di bumbui. Seampainnya di rumah perempuan menyiapakan racikan rempah-rempah untuk menanak telur-telur tersebut dengan dibantu dengan si laki-laki.

Kisah Kasih di Sini

Kisah Raja Ampat dan Telur Naga, ketika sedang meracik bumbu terdengar suara bisik-bisik dari arah telur di letakkan. Sang laki-laki datang untuk melihat, ketika melihat sang laki-laki kaget dan langsung memanggil sang perempuan. Ternyata 6 butir telur tersebut menetas dengan wujud bayi manusia. 4 telur menetas dengan bayi laki-laki, 1 butir telur menetas dengan bayi perempuan dan satunya lagi mengeras seperti batu beton.

Mereka menganggap bahwa telur-telur ini berasal dari Raja Naga kayangan dan 5 bayi ini di kirimkan sebagai tanda hadiah untuk suku wowui. Sang perempuan mengambil 5 bayi yang sudah berbalut kain putih bersih selembut sutra tersebut satu persatu dan berjanji merawatnya dengan sebaik mungkin.

Pasangan laki-laki perempuan merawat ke lima bayi ini hingga tumbuh dewasa. Setelah dewasa ke empat bayi laki-laki tersebut menjadi pemimpin di Pulau Waiygeo, Pulau Salawawti, Pulau Wowui dan Pulau Batantai. Sedangan satu anak perempuan karena suatu sebab di asingkan di Pulau Numfour., Inilah kisah Raja Ampat dan Telur Naga.

Masih di Kisah Telur Naga

Berlanjut masih di Raja Ampat dan Telur Naga, satu butir telur yang sekeras batu di sembah bagaikan tuhan oleh penduduk sekitar. Telur batu ini dikenal dengan sebutan nama rapat naik telur. Telur batu ini dibuatkan rumah di pinggir sungai keong tersendiri sebagai tempat bersemayam dan sebagai tempat persembahan.

Di depan ruangan tersebut di letakkan 2 batu besar kanan kiri depan pintu masuk yang dipercaya sebagai pengawalnya. Setiap tahunnya batu ini dimandikan dan air sisa pemandian disirakan sebagai tanda pembaptisan penduduk sekitar.

Dari kisah diatas dapat disimpulkan bahwa kaitan Raja Ampat dan telur Naga adalah bahwa Raja Ampat mempunyai empat pemimpin atau raja yang asal mulanya dari telur Naga tersebut karena memiliki 4. Kisah ini memberikan pelajaran untuk pemimpin yang berasal dari luar daerah juga dapat diterima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *