Wisata Watu Dodol, Bukan Hanya Menjual Pantai

Destinasi wisata watu dodol memang sudah terkenal jauh sebelum Banyuwangi mengembangkan potensi wisatanya. Tempat ini merupakan salah satu pantai destinasi wisata pertama.

Dengan icon patung gandrung dan sebuah batu karang besar di tengah jalan membuat siapa saja mudah menemukannya. Inilah keunikan dari lokasi ini, namun sebenarnya watu dodol tidak hanya menjual pantai saja.

Sekarang area wisata memang sudah jauh lebih luas, bahkan di seberang jalan sudah menjadi pesona utama lainnya. Apabila datang ke tempat ini maka kamu bisa menemukan dua dunia berbeda.

Pertama adalah garis pantai dan pemandangan laut indahnya. Kedua kamu bisa menemukan sebuah perbukitan gersang mini seperti Afrika, lengkap dengan bangunan aneh untuk menambah sensasinya.

Bangunan aneh tersebut adalah menara mercusuar yang gagal dan batal difungsikan oleh pemerintah. Sebelum dipugar kondisinya cukup memprihatinkan dan sempat menjadi sarang burung walet.

Namun sekarang sudah berbeda, datang kesini adalah pilihan paling tepat untuk memulai wisata keliling Banyuwangi. Tidak perlu mengunjungi pantai boom, langsung saja datang ke watu dodol.

Perjalanan Wisata Watu Dodol, Dapat Apa Saja?

Lokasinya yang masih di jalur utama kota Banyuwangi membuat semua jenis akomodasi bisa ditemukan, hanya ada satu yang kurang yaitu tempat parkir mobil. Kamu harus parkir di area pantai sebelah utara.

Apabila kamu lapar, di lokasi wisata sudah ada warung makan yang menyediakan berbagai menu. Jika ingin merasakan yang lebih premium, sekitar 100 meter dari lokasi ada sebuah restoran untuk mengenyangkan perut.

Letak penginapan terdekat dari sini juga satu lemparan batu saja. Kamu juga bisa memilih hotel di pusat kota Banyuwangi apabila ingin mempermudah akomodasi tidak hanya wisata watu dodol saja.

Jika hanya foto, kamu bisa mendapatkan ribuan disini, mulai dari goa jepang, hingga patung gandrung dapat dijadikan spot cantik. Bosan melihat pantai, silahkan menyeberang jalan dan nikmati savana kecil.

Ada juga bukit yang bisa dijadikan tempat peristirahatan para pengunjung. Bagi pencari perjalanan spiritual terdapat sepasang makam keramat di puncak bukit tersebut, sempatkan waktu mengunjunginya.

Hampir lupa, menara mercusuar sekarang sudah terawat sehingga dapat dijadikan objek foto langka. Sulit sekali ditemui sebuah menara dikelilingi savana yang letaknya bersebelahan dengan pantai.

Perjalanan Menuju Wisata Pantai Watu Dodol

Perjalanan menuju objek wisata ini adalah salah satu yang paling mudah dilakukan. Kamu tidak perlu harus berjalan kaki, gunakan kendaraan bermotor dan ikuti jalan aspal utama hingga sampai lokasi.

Tempatnya sangat mudah dikunjungi, dari kota Banyuwangi cukup pergi ke arah utara menuju Situbondo. Hanya ada satu jalan utama saja jadi tidak mungkin tersesat untuk menuju ke lokasi.

Karena jaraknya cukup jauh maka membutuhkan waktu antara 30 hingga 1 jam perjalan. Tidak perlu membawa perbekalan, sudah banyak minimarket selama perjalanan menuju lokasi.

Ini adalah salah satu opsi bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat eksotis tanpa perlu repot. Jika kamu datang ke Banyuwangi menggunakan pesawat, maka bisa memanfaatkan ojek online untuk menuju kesini.

Dengan jarak tempuh perjalanan yang tidak terlalu jauh tentunya biaya transportasi juga sedikit. Hampir semua yang dijual di sekitar tempat wisata memiliki harga terjangkau, jadi wisata watu dodol tidak menguras banyak biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *