Wisata Waduk Bajulmati, Indahnya pada Bulan Tertentu

Banyuwangi memang memiliki segudang pemandangan indah termasuk wisata waduk Bajulmati. Namun sedikit berbeda dengan daerah lainnya, Banyuwangi termasuk destinasi wisata musiman.

Rata-rata tempat wisata disini paling tepat dikunjungi pada musim panas. Jadi hindari bulan Mei hingga Agustus karena cuaca Banyuwangi sangat sulit diprediksi pada rentan waktu tersebut.

Lalu apa sebenarnya keindahan yang ditawarkan oleh waduk Bajulmati sendiri. Sebenarnya ini memang sebuah waduk biasa, namun pemandangan luar biasanya memaksa lokasi tersebut menjadi destinasi wisata.

Sebelum dipugar menjadi destinasi wisata awalnya lokasi ini adalah sebuah spot mancing favorit warga. Lokasinya mudah dijangkau, dan terdapat bukit-bukit kecil sehingga semua spot mancing bisa dijangkau.

Setelah Banyuwangi mulai mengoptimalkan potensi wisatanya, tempat ini tentu saja mulai berbenah. Bahkan waduk Bajulmati dapat dinikmati sesuai selera pemandangan pengunjungnya.

Tergantung bulan kapan kamu datang, pemandangan disini akan ikut berubah. Pada musim panas dan saat peralihan ke musim hujan menjadi dua momen berbeda yang memberikan pengalaman maksimal.

Waktu Paling Tepat Mengunjungi Wisata Waduk Bajulmati

Apabila ingin mendapatkan pemandangan gersang seperti padang savana dengan keindahan danau, kamu perlu datang kesini pada bulan oktober hingga november. Atau pada saat terik matahari sedang berada di puncaknya.

Lalu ada satu alternatif lagi datang pada bulan april, saat rumput di perbukitannya mulai segar kembali. Jika sebelumnya padang gersang, maka pada bulan ini semuanya akan berubah menjadi hijau.

Tentu saja dua pemandangan berbeda tersebut membuat wisata waduk Bajulmati tidak pernah sepi. Namun jangan sampai datang pada saat musim hujan jika tidak ingin menyesal dengan keadaannya.

Secara umum memang Banyuwangi memiliki curah hujan lumayan tinggi. Belum lagi cuacanya yang sulit diprediksi, bisa saja pagi cerah namun tiba-tiba hujan deras tanpa henti siang hingga malam.

Faktor cuaca tersebut membuat para calon pengunjung wajib memperhitungkan waktu kedatangannya. Jangan sampai pemandangan indah seperti ini harus terlewatkan karena kendala cuaca.

Untuk detail akomodasi yang ada di tempat ini akan dijelaskan secara detail pada pembahasan berikutnya. Jadi apa saja yang perlu kamu persiapkan selama perjalanan dapat sesuai dengan kebutuhan.

Perjalanan ke Lokasi Wisata Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati tempatnya berada di perbatasan Situbondo Banyuwangi. Jadi dari pusat kota setidaknya butuh waktu perjalanan selama 1 hingga 1.5 jam. Dari Banyuwangi kota kamu cukup mengarah ke kecamatan Wongsorejo.

Lokasi waduk berada tidak jauh dari jalan utama sehingga mudah ditemukan siapa saja. Tempat ini juga sudah lengkap dengan warung makan, tempat ibadah, toilet, dan lokasi peristirahatan.

Jadi kamu bisa merasa nyaman menghabiskan waktu seharian disini. Jam paling tepat untuk berkunjung adalah pagi dan sore hari. Lebih disarankan sore hari karena akan terlihat jauh lebih indah.

Sayangnya lokasi wisata ini jauh dari tempat penginapan, karena memang awalnya bukan sebagai destinasi pengunjung. Jadi jika kamu ingin berkunjung kesini disarankan mencari penginapan di Banyuwangi kota.

Kemudian dari penginapan bisa menggunakan kendaraan sendiri atau ojek online untuk mencapai lokasi. Tidak perlu menggunakan travel karena tempat ini sangat mudah perjalanannya.

Meskipun berada di perbatasan Situbondo namun semua keperluan di perjalanan dapat ditemukan, banyak minimarket. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir dengan perbekalan saat pergi ke tempat wisata waduk Bajulmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *