Wisata Pantai Plengkung, Bukan Hanya untuk Surfer

Ombak besar di tempat wisata pantai plengkung memang menjadi daya tarik utama bagi para peselancar. Namun sebenarnya masih banyak keindahan lain yang bisa dinikmati oleh siapa saja.

Lokasi ini menyimpan banyak keindahan bahkan sebelum sampai ke tujuan utama. Jadi para pengunjung dapat menikmati keindahan alam selama perjalanan. Memang Taman Nasional Alas Purwo menyuguhkan keindahan luar biasa.

Para peselancar sebenarnya hanya datang pada bulan april sampai agustus saja saat ombak sedang maksimal. Pada bulan lain kebanyakan wisatawan lokal datang mengunjungi lokasi ini.

Keindahan alam masih dibiarkan sebagaimana mestinya. Tidak ada infrastruktur jalan raya menuju tempat ini. Terakhir bisa mengendarai mobil adalah dari pos pancur, jadi harus berjalan kaki atau menggunakan kendaraan khusus.

Kebijakan seperti ini memang cukup menyulitkan pengunjung, namun semuanya dilakukan untuk menjaga ekosistem lingkungan. Jadi keindahan pantai plengkung akan tetap terjaga selamanya.

Apa saja yang bisa kamu dapatkan ketika mengunjungi tempat ini jika bukan berselancar. Ada banyak pilihan untuk dilakukan para wisatawan, pada pembahasan berikutnya akan dijelaskan secara detail.

Kegiatan Menarik di Tempat Wisata Pantai Plengkung

Meskipun menjadi destinasi wisata pantai, namun plengkung tidak hanya menjual pantainya saja. Masih banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu kunjungan disini.

Salah satu pilihannya adalah melakukan tracking, ada banyak rute perjalanan untuk menjelajahi Alas Purwo. Menikmati perjalanan alam akan sangat menyenangkan ditemani pemandangan indah.

Selama kamu melakukan tracking di jalan yang disediakan tidak akan pernah tersesat. Selain tracking pengunjung juga dapat melakukan telusur gua. Ada beberapa gua yang terdapat di kawasan wisata pantai plengkung.

Gua candi menjadi pilihan paling tepat karena memiliki pemandangan indah di dalamnya. Jadi pengunjung dapat melihatnya secara langsung. Namun hati-hati jalan masih cukup licin karena ditutupi oleh lumut dan lumpur.

Disini juga terdapat penginapan bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu lebih lama. Jadi sensasi menginap di kawasan wisata memang cukup menyenangkan. Ditambah dengan pemandangan pantai langsung dari kamar.

Dimana lagi bisa menikmati pengalaman menyenangkan seperti ini. Jika tidak ingin berselancar direkomendasikan datang pada bulan selain april hingga agustus ketika cuaca sedang cerah maksimal.

Apa Saja yang Ada di Wisata Pantai Plengkung

Tentu saja suguhan utama saat berkunjung kesini adalah pemandangan alamnya. Lingkungan masih asri sehingga udara juga sangat segar. Sekarang kelengkapan sudah cukup mudah ditemukan.

Di pos pancur sudah ada tempat peristirahatan, toilet, rumah ibadah, dan persewaan kendaraan wisata. Jadi jika ingin menuju plengkung bisa menyewa disini. Ketika sampai di plengkung sudah ada resort yang menyediakan makanan.

Untuk menuju kawasan wisata ini sebenarnya cukup mudah. Dari Banyuwangi kota langsung saja ke selatan menuju Purwoharjo lalu meneruskan hingga masuk kawasan hutan lindung Alas Purwo.

Di dekat gerbang masuk juga ada warung apabila kamu lupa mempersiapkan makanan. Dari gerbang ini ikuti saja jalan utama yang sudah diaspal, jangan menggunakan rute lain, tidak ada alternatif.

Perjalanan dari gerbang masuk hingga pos pancur kurang lebih 30 menit. Kemudian dari pos pancur menuju plengkung masih harus menempuh jarak 9 km. Kamu bisa berjalan kaki atau menyewa kendaraan khusus.

Selama mengunjungi area Alas Purwo sangat dianjurkan untuk tetap di dekat jalan utama. Karena area ini masih sangat alami jadi sedikit saja tersesat bisa berbahaya, namun pemandangan wisata pantai Plengkung tetap tidak ada obatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *